Sabtu, 30 Juli 2011

Tips Membeli Laptop

Halo lagi, saya menerima sms dari teman saya yang berisikan spesifikasi salah satu nama produk laptop, dan saya baca ternyata spesifikasinya sudah High End. Saya berpikir untuk apa?. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan kepada anda semua tentang bagaimana memilih laptop yang bagus dan benar. Tips ini saya temukan di Blogger sebelah, jadi saya mulai saja.

Tips Memilih Laptop yang Benar

Sesuaikan keperluan
Untuk apa anda membeli laptop? apakah untuk melakukan pekerjaan ringan seperti E-Mail, mengetik biasa, mendengarkan musik, menonton Video dengan kualitas biasa? apakah untuk meng-Handle Database, merender 3 dimensi yang berat, bermain game dengan kualitas extreme? ato hanya untuk bergaya???(maaf klo tersinggung). Nah coba anda ketahui, teknologi itu perkembangannya sangat cepat, yang dari dulu processor yang memiliki jumlah core 1 dan sekarang menjadi 8 core bahkan 100 Core. Bisa anda bayangkan anda membeli laptop yang High End ditahun sekarang, di 2 tahun mendatang laptop itu hanya barang jadul, 5 tahun mendatang lagi mungkin hanya bisa dikenang. (hehe bukan maksud menjelekan).

Dana atau Uang atau Budget
Berapa anda mempunyai uang? spesifikasi laptop bagaimana yang bisa saya dapatkan, jika saya mempunyai uang segini?. Anda bisa berjalan-jalan disekitar toko laptop, untuk menanyakan harga dari spek. laptop yang ada. Hal itu dilakukan supaya untuk memprediksi harga dimasa mendatang, jika spek. laptopnya begini.

Comfortable atau Kenyamanan
Laptop yang anda gunakan harus nyaman, bagi anda. Dari beberapa segi mungkin kita bisa liat
  • Fisik atau tampilan yang enak dipandang.
  • Penggunaan seperti Touchpad yang multi touch atau multi fungsi.
  • Keyboard yang berdimensi normal ditangan atau dijari pada saat mengetik.
  • Layar LCD yang bisa dilihat mata, ketajaman gambar yang ditampilkan oleh layar LCD.
  • Port yang tersedia sudah cukup atau sudah nyaman digunakan untuk menambahkan perangkat portable.
  • Berat yang optimal dan portabel hanya sekitar 1,9kg.
  • Performance adalah hal yang biasa banyak dibicarakan, misalkan "Gan q punya spek. laptop proc. 2.0 Ghz dual core, VGA 256MB SIS, RAM 1GB biasanya bisa main game apa aja ya???" Nah untuk ini jika anda merasa tidak nyaman, maka bisa menjual laptop anda dan membeli laptop yang baru. Kebanyakan laptop itu hardware susah untuk diupgrade, dan tidak bisa sembarang upgrade kayak PC. Makanya pertimbangkan lagi.
Baterai
Laptop apa gunanya? Apa beda Laptop ama PC? nah pasti kebanyakan orang berpikir dari segi sumber listriknya. Ya laptop itu didesain portabel, bisa dibawa kemana-mana, makanya dinamakan komputer jinjing, atau laptop. Laptop bisa hidup jika ada sumber listrik PLN atau Baterai, nah sekarang pada saat membeli laptop anda perlu melakukan pengujian baterai, berapa lama sich tuh baterai laptop bertahan?. Untuk normalnya ditahun sekarang jika tidak melakukan load yang tinggi, atau melakukan pekerjaan ringan baterai bisa bertahan 1,5 sampai 2 Jam. kalo melakukan load tinggi seperti memainkan game dengan kualitas extreme atau melakukan renderer 3D maka baterai bisa bertahan 30 Menit sampai 1 Jam.

Garansi
Barang yang anda beli, rusak? jangan panik, setiap barang elektronik pasti berisi garansi. Garansi biasanya paling pendek 1 tahun dan berisi segel dari pabrik dan dari toko, nah jika garansi masih berlaku, tetapi segel sudah rusak, jangan harap anda mendapatkan garansi, kecuali tokonya bermurah hati. Nah begitu juga sebaliknya. Sebelum membeli barang elektronik pastikan apakah ada garansi resmi atau tidak, untuk keamanan jika terjadi kerusakan yang tidak di inginkan.

Mungkin segitu saja, saya menjelaskan tentang tips membeli laptop dengan benar. Kita akan berjumpa lagi di postingan artikel yang lainnya, jika ada kesalahan kata, atau informasi mungkin bisa sampaikan lewat komen dibawah. Saya Penulis sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah jika anda memilikki petanyaan, atau mau berbagi informasi...