Jumat, 30 Maret 2012

Earth Hour 60+ 2012

Gambar Earth Hour 60+
Earth Hour siapakah dia? apa tujuannya dia?

Earth Hour adalah salah satu kampanye WWF (World WildLife Fund), Organisasi terbesar didunia besutan PBB, yang mengajak secara global di seluruh dunia (individu, komunitas, praktisi, bisnis, dan pemerintahan) untuk turut serta mengurangi emisi karbon dioksida, mematikan lampu, peralatan elektronik yang berkaitan dengan listrik PLN yang sedang tidak dipakai selama satu jam, pada setiap hari sabtu di minggu ke tiga bulan Maret setiap tahunnya.


Beberapa Kegiatan Earth Hour
Tahun 2007, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2007.
Tahun 2008, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 29 Maret 2008.
Tahun 2009, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 28 Maret 2009.
Tahun 2010, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 27 Maret 2010.
Tahun 2011, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 26 Maret 2011.
Tahun ini?     EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2012.


Logo Earth Hour. Logo earth hour berupa angka 60 dengan ilustrasi permukaan bumi dan latar belakang hitam. Sejak pengelenggaraan tahun 2011 ditambahkan tanda plus (60+). 60 artinya fokus melakukan tindakan mengurangi emisi karbon dioksida selama 60 menit dan tanda + artinya tidak dilakukan selama 60 menit saja tetapi diikuti dengan perubahan gaya hidup sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

60+ Earth Hour
Gambar 60+ Earth Hour

Sejarah EARTH HOUR
EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca akibat global warming di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara masal akan membuat kehidupan kita di bumi ini menjadi lebih baik.

Tujuan EARTH HOUR

  • Untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan mengkonsumsi listrik tinggi
  • Berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru, khususnya pembaruaan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan
  • Mengangkat, mengingatkan dan memancing semangat kepemimpinan pemerintahan dan lambaga-lembaga pemerintahan untuk secara bersama-sama melakukan aksi penghematan energi dan menciptakan penggunaan sumber energi baru yang berguna untuk orang banyak

Cara Berpartisipasi. Untuk ikut berpartisipasi dalam earth hour cukup mudah. Matikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam pada hari Sabtu, 31 Maret 2012 jam 20.30 – 21.30 (waktu setempat). Selain itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendukung gerakan ini antara lain:
  • Mendaftarkan diri di earthhour.wwf.or.id/sign_form.php.
  • Bergabung dalam jejaring sosial earth hour yaitu www.facebook.com/EHIndonesia (facebook) dan @EHIndonesia (twitter).
  • Ajak sahabat dan saudara untuk berpartisipasi.
  • Membuat dokumentasi partisipasi dalam bentuk foto atau video dan kirimkan via email ke earthhourindonesia@gmail.com.
  • Tulis info, kampanye, dan pengalaman mengikuti earth hour dalam blog atau akun jejaring sosial yang dimiliki. Termasuk juga mengganti foto profil jejaring sosial dan gravatar blog dengan logo earth hour.
  • Lakukan terus gaya hidup ramah lingkungan.
Partisipan yang ikut ditahun lalu
  • Tahun 2009 diikuti oleh 4.000 kota di 88 negara dengan 1 milyar partisipan.
  • Tahun 2010 diikuti oleh 4.616 kota di 128 negara dengan 1,5 milyar partisipan.
  • Tahun 2011 diikuti oleh 5.251 kota di 135 negara dengan 1,8 milyar partisipan.
Hari Sabtu di minggu ketiga bulan Maret dipilih menjadi waktu pelaksanaan earth hour dengan pertimbangan bahwa:
  • Bulan Maret merupakan bulan dengan cuaca bersahabat karena hampir di seluruh bagian bumi, akhir Maret merupakan waktu peralihan musim. Baik dari musim dingin ke musim semi maupun dari musim penghujan ke musim kemarau.
  • Hari Sabtu merupakan akhir pekan yang umumnya digunakan sebagai waktu untuk berkumpul bersama keluarga, saudara, dan sahabat.
  • Jam 20.30-21.30 biasanya makan malam telah usai dan merupakan saat yang tepat untuk berkumpul maupun berdiskusi santai. 
Pada tahun ini tahun 2012 bulan Maret tanggal 31 Jam 20.30 - 21.30 Waktu Setempat Gerakan Earth Hour dilaksanakan kembali dengan cara mematikan lampu, alat elektronik yang berhubungan langsung dengan listrik PLN untuk mengurangi emisi karbon dioksida.

Partisipan dari Earth Hour kali ini yang penulis ketahui adalah
  • IDWS (Indowebster) dengan melakukan pemadaman server portal selama 1 jam jadi Indowebster tidak bisa diakses selama 1 jam. Untuk info lebih lanjut klik disini
  • Kaskus dengan mengadakan "KASKUS Earth Hour Photo Competition" yang berisi berburu momen terbaik, untuk info lebih lanjut klik Disini
sumber : Cek-Info dan Alamendah

"INI AKSIKU!, MANA AKSIMU?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah jika anda memilikki petanyaan, atau mau berbagi informasi...